Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengumpulan Energi Matahari sebagai Sumber Energi listrik

Pengumpulan Energi Matahari sebagai Alternatif



Sel fotovoltaik — kotak hitam yang susunannya terdiri dari panel surya — semakin efisien, dan secara bertahap lebih murah, sepanjang waktu, berkat desain yang semakin baik yang semuanya dapat memfokuskan sinar matahari yang terkumpul pada titik yang semakin terkonsentrasi .

Ukuran sel semakin berkurang seiring dengan meningkatnya efisiensinya, yang berarti bahwa setiap sel menjadi lebih murah untuk diproduksi dan sekaligus lebih produktif. Sejauh biaya yang disebutkan di atas, harga produksi energi yang dihasilkan matahari per watt jam telah turun menjadi $ 4,00 pada saat penulisan ini. Hanya 17 tahun yang lalu, biayanya hampir dua kali lipat.

Pembangkit listrik tenaga surya tentunya baik untuk lingkungan, karena bentuk alternatif penghasil energi ini mengeluarkan emisi nol sama sekali ke atmosfer dan hanya menggunakan salah satu hal yang paling alami sebagai penggeraknya.

Sel-sel pengumpul tenaga surya perlahan tapi pasti semakin praktis untuk ditempatkan di atas atap rumah orang, dan mereka bukanlah sistem yang sulit digunakan untuk memanaskan rumah, menciptakan air panas, atau menghasilkan listrik.

Sel fotovoltaik menjadi semakin baik dalam mengumpulkan cukup radiasi dari matahari bahkan pada hari mendung atau badai. Satu perusahaan khususnya, Uni-Solar, telah mengembangkan susunan pengumpul tenaga surya untuk rumah yang bekerja dengan baik pada hari-hari buruk, melalui sistem yang secara teknologi lebih maju yang menyimpan lebih banyak energi pada satu waktu selama hari-hari diterangi matahari daripada susunan sebelumnya atau lainnya.

Sebenarnya ada sistem tenaga surya lain yang tersedia untuk digunakan yang disebut Sistem PV. Sistem PV terhubung ke jaringan listrik terdekat; setiap kali ada kelebihan energi matahari yang dikumpulkan di rumah tertentu, energi itu ditransfer ke jaringan untuk digunakan bersama dan sebagai cara untuk mengurangi ketergantungan jaringan pada produksi listrik yang digerakkan oleh tenaga air.


Terhubung ke Sistem PV dapat menekan biaya Anda dibandingkan dengan energi matahari penuh, sekaligus mengurangi polusi dan mengurangi tekanan dari sistem jaringan. Beberapa daerah merancang susunan pengumpulan tenaga surya terpusat untuk kota-kota kecil atau komunitas pinggiran kota.


Beberapa perusahaan besar telah menjelaskan bahwa mereka juga mulai menggunakan tenaga surya (indikasi lebih lanjut bahwa energi yang dihasilkan matahari menjadi sumber energi alternatif yang layak secara ekonomi).

Google memasang pembangkit listrik tenaga surya 1,6 megawatt di atap kantor pusat perusahaannya, sementara Wal Mart ingin memasang sistem 100 megawatt miliknya yang sangat besar.

Negara-negara seperti Jepang, Jerman, Amerika Serikat, dan Swiss telah mendorong produksi energi surya dengan memberikan subsidi pemerintah atau dengan memberikan keringanan pajak kepada perusahaan dan individu yang setuju untuk menggunakan tenaga surya untuk menghasilkan panas atau tenaga listrik.

Seiring kemajuan teknologi dan penyimpanan yang lebih besar dari bahan pengumpulan tenaga surya tersedia, semakin banyak investor swasta akan melihat nilai dari investasi dalam teknologi "hijau" ini dan lebih jauh lagi implementasinya.




Posting Komentar untuk " Pengumpulan Energi Matahari sebagai Sumber Energi listrik"