Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Karburator Original Dan Palsu

 Perbedaan karburator asli dan palsu pastinya wajib diketahui. Pasalnya walaupun memiliki harga yang biasanya lebih mahal, penggunaan suku cadang asli sudah pasti menjanjikan pengendaraan yang optimal.

Beda cerita kalau menggunakan suku cadang palsu atau abal-abal misalnya. Salah-salah motor kamu malah tidak bisa berakselerasi optimal. Nah, salah satu suku cadang yang sering dipalsukan adalah karburator.


Perbedaan karburator asli dan palsu

1.Lihat dari warnanya


Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah melihat secara visualnya terlebih dahulu. Idealnya untuk menentukan mana karburator yang asli dan mana yang bukan, kamu harus mengetahui karakteristik karburator bawaan motor kamu sendiri, sehingga akan lebih mudah membedakannya.


2.Lihat teksturnya



Apabila sudah memastikan perbedaan karburator asli dan palsu dari pengelihatan, langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah meraba bodi karburator. 

Dari berbagai ulasan, karburator asli punya tekstur bodi yang cenderung halus apabila diraba, beda pada karburator palsu yang terasa kasar apabila dipegang bodinya.


Selain itu, pada beberapa bagian asalkan jeli, kamu juga dapat merasakan sambungan yang tidak rapih. Kalau menemukan karburator dengan ciri seperti itu maka bisa dibilang karburator tersebut jadi-jadian.



3. Ada kode tertentu

Kalau masih sulit membedakan warna dan tekstur bodi, kamu dapat membedakan karburator asli dan palsu dari kode tertentu. Biasanya berupa huruf serta angka yang ada pada pada karburator. Kodenya pun beragam, tergantung pabrikan si karburator.


Namun yang perlu ditekankan adalah bukan susunan kodenya, melainkan wujud dan tampilan dari kode itu sendiri. 

Biasanya mengetahui perbedaan karburator asli dan palsu salah satunya bisa dilihat pada kode tertentu berupa ukiran yang dibuat serapih mungkin di bagian karburator. Dari sini dapat diketahui kalau karburator tersebut memang benar diproduksi secara massal dan itu asli.


Beda dengan karburator palsu yang kode ukirannya lebih berantakan dan tidak presisi, atau kode pada karburator dibuat sendiri oleh pembuatnya.


Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Karburator Original Dan Palsu"