Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya mengecas accu/aki menggunakan Las LIstrik

 

 Accu atau baterai adalah komponen vital pada setiap mobil. Walapun bentuknya kecil, komponen ini sangat berguna sekali untuk menopang semua sistem kelistrikan ketika mesin tidak bekerja.


 Jadi wajar jika tiba-tiba Aki tekor, bisa karena salah pemakaian atau memang masa pakai yang telah habis.Tekornya Aki akan mengakibatkan mesin tidak dapat bekerja, ini karena suplay tegangan yang dibutuhkan oleh motor stater tidak terpenuhi. Jika demikian langkah segera yang harus kita lakukan adalah mengisi daya Aki ( ngecas ).

Standart prosedur untuk mengecas Aki adalah menggunakan mesin khusus cas aki. Bagi sebagian orang mungkin cara ini terlalu repot karena harus membawanya ke tempat cas aki. Seperti kita ketahui bahwa layanan cas aki sangat minim, apalagi di daerah pedesaan.


Nah ternyata untuk mengatasi hal tersebut banyak para pemilik mobil yang sudah beralih dengan metode berbeda untuk mengecas aki mobilnya. Ternyata yang mereka lakukan adalah ngecas aki menggunakan mesin las.


Cara itu ternyata sudah sering dan banyak yang menerapkannya. Tentu saja, pilihan ini bukan yang terbaik. Namun kembali lagi seperti kondisi diatas bahwa layanan ngecas aki tidak terlalu banyak. Sedangkan seperti kita ketahui bahwa jumlah tukang las yang memang mereka memiliki mesin las itu jumlahnya sangat banyak bahkan diplosok - plosok.



Kami sendiri sudah pernah mencobanya. Namun hanya beberapa menit pengisian accu/baterai. bahwa cara ini mujarab untuk mengecas aki dalam priode yang terbilang begitu cepat. Namun tentu saja, karena ini bukanlah sebuah cara yang sesuai dengan prosedur maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan pengisian daya aki menggunakan mesin las. Seperti besarnya daya arus yang harus diperhatikan karena tegangan mesin las kisaran 55 volt -- 85 volt sedangkan accu/aki hanya 12 - 24 volt saja maka waktu pengecasan yang tidak boleh terlalu lama.

Anda mungkin bisa menerapkan cara diatas jika memang situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan untuk mengecas aki dengan alat cas. Dan selalu berhati-hatilah dalam proses pengecasannya untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Posting Komentar untuk "Bahaya mengecas accu/aki menggunakan Las LIstrik"