Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Minya Kelapa

  Minyak kelapa tak hanya digunakan untuk keperluan memasak.Namun juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh

Ada beragam manfaat minyak kelapa yang juga baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan jantung.   

Buah kelapa tidak hanya dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, tetapi juga menjadi minyak kelapa (coconut oil). Minyak kelapa yang baik adalah minyak kelapa murni, bukan minyak kelapa olahan.Kandungan minyak kelapa

Minyak kelapa adalah jenis minyak nabati yang dapat digunakan dalam berbagai hal, mulai dari memasak, komposisi kopi, hingga kandungan sampo.

Beberapa tahun terakhir ini minyak kelapa cukup populer karena dianggap berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Berkat kandungan di dalamnya, minyak nabati ini diklaim dapat menghilangkan lemak perut hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Minyak kelapa seringkali disebut sebagai alternatif yang lebih sehat dari jenis minyak lainnya. Jenis minyak yang satu ini, dianggap bermanfaat untuk kecantikan hingga kesehatan secara keseluruhan. Benarkah manfaat minyak kelapa begitu luar biasa?Sebagian besar orang awam percaya akan manfaat komponen yang satu ini. 

Namun, para ahli nutrisi masih memperdebatkannya. Pasalnya, minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Sementara itu, lemak jenuh berlebih di tubuh bisa memicu timbulnya penyakit jantung.

Di sisi lain, para ahli menyebutkan kandungan minyak kelapa, yakni susunan lemak jenuh yang ada pada minyak kelapa berbeda dari yang terdapat pada olahan produk hewani. Mereka pun menilai, bahwa minyak kelapa memiliki manfaat lainnya, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Minyak kelapa murni diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa diolah menggunakan bahan kimia tambahan atau diproses tanpa suhu tinggi. 

Hal tersebut bertujuan agar kandungan alami, seperti senyawa phenolic, tidak hilang atau rusak. Senyawa phenolic berperan sebagai antioksidan.

Selain itu, senyawa dalam minyak kelapa seperti asam laurat, kaprilat, dan kaprat, dapat mendukung pertumbuhan probiotik di dalam saluran pencernaan yang berfungsi untuk melawan bakteri jahat.

Selain untuk memasak, minyak kelapa ternyata diklaim menawarkan segudang khasiat bagi kesehatan tubuh. Simak apa saja kandungan dan manfaat minyak kelapa sebagai superfood di bawah ini.

Kandungan minyak kelapa

Minyak kelapa adalah jenis minyak nabati yang dapat digunakan dalam berbagai hal, mulai dari memasak, komposisi kopi, hingga kandungan sampo.

Beberapa tahun terakhir ini minyak kelapa cukup populer karena dianggap berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Berkat kandungan di dalamnya, minyak nabati ini diklaim dapat menghilangkan lemak perut hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Asam lemak jenuh

Pada dasarnya, minyak kelapa mengandung 100% lemak, 80-90 persen diantaranya merupakan lemak jenuh. Hal ini yang membuat minyak kelapa memiliki tekstur lebih kuat pada suhu dingin atau ruangan.

Ada sejumlah jenis asam lemak jenuh pada minyak kelapa, meliputi:

asam laurat,

asam miristat, dan

palmitat.

Ketiga asam lemak tersebut telah terbukti dapat meningkatkan kadar LDL yang berbahaya. Hanya saja, jumlah asam lemak ini cukup sedikit pada minyak kelapa.

 Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, Anda dapat menggunakan minyak kelapa murni sebagai minyak untuk memasak atau campuran salad.

Kandungan nutrisi dalam minyak kelapa murni dipercaya dapat meningkatkan metabolisme, sehingga lemak dalam tubuh akan semakin cepat terbakar dan diubah menjadi energi.

Selain itu, penggunaan minyak kelapa juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga dapat menekan rasa lapar dan mencegah Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan.

Membuat rambut berkilau

Beberapa orang percaya, mengoleskan minyak kelapa ke rambut akan membuatnya lebih berkilau dan terlindungi dari kerusakan. Sebab, minyak ini dinilai dapat menyerap ke kulit kepala dan lebih baik dari jenis minyak dari mineral.

Meski begitu, manfaat minyak kelapa ini sepertinya tidak berlaku untuk semua jenis rambut. Jika Anda ingin mencoba, tentu tidak ada salahnya.

Namun, ada baiknya Anda mencari tahu kecocokan jenis rambut Anda terhadap perawatan dengan minyak kelapa.

 Digunakan untuk diet

Manfaat minyak kelapa murni atau VCO yang pertama adalah bisa kamu gunakan untuk program diet. Kamu bisa menggunakan minyak VCO untuk memasak atau dicampurkan pada makanan tertentu.

Minyak kelapa murni ini akan membantu menstimulasi metabolisme, yang bisa menyebabkan kenyang lebih lama. Lemak yang terkandung dalam minyak kelapa murni juga mudah dihancurkan dan dibakar oleh tubuh.

Mencegah diabetes

Asam lemak dalam minyak kelapa diduga dapat memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh. Pada kasus diabetes tipe 2, minyak kelapa dipercaya dapat memperbaiki sensitivitas insulin. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat ini.

Saat ini, sudah banyak produk minyak kelapa murni yang dijual di pasaran dan mudah diperoleh dengan harga yang bervariasi. Namun, sebelum Anda membelinya, selalu perhatikan petunjuk penggunaan dan tanggal kedaluwarsa dari produk minyak kelapa tersebut.

Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)

Salah satu manfaat minyak kelapa yaitu dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini dapat diperoleh berkat kandungan trigliserida rantai menengah (MCT) di dalam minyak kelapa.

Senyawa pada minyak kelapa telah terbukti dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Hanya saja, khasiat ini baru ditemukan di penelitian dengan skala kecil.

Melembapkan kulit

Minyak kelapa bisa digunakan sebagai pelembap yang baik untuk kaki, tangan, dan siku Anda. Minyak ini juga dapat digunakan untuk pelembap wajah bagi Anda yang memiliki tipe kulit yang kering.

Manfaat minyak kelapa untuk kulit tidak hanya berhenti di situ. Sebab, bahan ini ternyata juga dinilai dapat membantu memperbaiki tumit yang pecah-pecah.

Untuk melakukan perawatan tersebut, Anda dapat mengoleskan minyak kelapa ke tumit sebelum tidur, lalu gunakan kaus kaki. Ulangi metode ini hingga tumit halus.

Mengurangi risiko alzheimer

Kandungan zat keton dalam minyak kelapa merupakan asal muasal perannya untuk kesehatan otak. Zat ini sangat baik untuk menjaga fungsi otak saat tubuh memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah. Keton juga dapat membantu meningkatkan memori dan sangat berpotensi untuk membantu para penderita alzheimer.

Demikian penjelasan tentang kasiat minyak kelapa yang dapat kami sampaikan untuk para pembaca semuanya.




Posting Komentar untuk "Khasiat Minya Kelapa"