Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penggelaran Telepon Seluler 5G

 Luncurkan 5G, Menkominfo: Dorong Lompatan Besar Inovasi Digital


Indonesia diketahui sudah memasuki era 5G bahkan sudah ada tiga operator seluler tanah air yang mendapatkan izin untuk menggelar jaringan tersebut. Namun sayang cakupan 5G masih terbatas di beberapa kota dalam peluncuran awal ini, lalu kapan 5G tersedia secara masif?

Direktur Ericsson Indonesia, Ronni Nurmal mengatakan kemungkinan 5G akan lebih cepat untuk penetrasinya. Sebab melihat dari historis dari 2G hingga 4G yang waktu penetrasinya semakin cepat.
Perusahaan plat merah Telkomsel menjadi yang pertama menyajikan layanan 5G di Indonesia, dan mulai memberikan layanan 5G bagi pelanggannya sejak 27 Mei 2021.

Tak lama setelah peluncuran 5G dari Telkomsel, Indosat Ooredoo mulai menyajikan layanannya di bulan berikutnya. Terhitung sejak 7 Juni 2021, Indosat Ooredoo resmi memberikan layanan 5G bagi pelanggannya.
Menurut Menteri Johnny, peluncuran 5G di Indonesia menjadi titik lompatan menuju Indonesia  semakin digital, sekaligus semakin satu, semakin cerdas, dan semakin maju. Selain itu, Menkominfo menyarakan jaringan 5G juga merupakan momentum percepatan akselerasi transformasi digital.

“Dengan penuh semangat kita sekalian menyaksikan roll out jaringan telepon seluler generasi kelima 5G oleh Indosat Ooredoo, momentum peluncuran 5G ini merupakan hasil kolaborasi bersama-sama yang berkelanjutan, mengambil bagian dalam akselerasi transformasi digital Indonesia,” jelasnya

Menurut Menteri Johnny, Kota Surakarta bersama tiga kota lain yaitu, Jakarta, Surabaya, dan Makassar akan menjadi daerah layanan jaringan 5G secara komersial dari Indosat Ooredoo. Melalui pembangunan infrastruktur 5G,  Menkominfo mengharapkan dapat mendorong masyarakat memanfaatkan ekosistem teknologi tersebut.

“Penggelaran telepon seluler 5G diharapkan menjadi dorongan bagi masyarakat Surakarta dan kota-kota lainnya tersebut di atas di Indonesia untuk terus memanfaatkan pengembangan teknologi telepon seluler generasi kelima ini,



Dalam kesempatan yang sama, Director Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha mengatakan pihaknya ingin memastikan dengan mitra dan regulasi yang tepat dari pemerintah untuk bisa melakukan dukungan dan memiliki agenda yang lebih besar lagi.

"Untuk tidak tertinggal kami butuh untuk ada di garis terdepan, namun waktu dan lokasi akan bergantung pada ekosistem," jelasnya.

Dia menambahkan pandemi mengajarkan banyak hal dan pentingnya peran telekomunikasi saat ini. Dengan 5G, peran itu akan dibawa ke tingkatan berikutnya.Sementara itu, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama mengatakan, peluncuran layanan 5G Indosat itu menunjukkan kekuatan transformatif 5G kepada anak muda, komunitas digital, dan bisnis kota, salah satunya di kota Surakarta yang merupakan pilihan pertama peluncuran 5G Indosat.

“Kami percaya teknologi ini akan membantu mengakselerasi transformasi digital masyarakat Indonesia, dan mendorong inovasi bisnis di semua industri


Posting Komentar untuk "Penggelaran Telepon Seluler 5G"