Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

mgid

Goa Dan Grojogan Putri Ayu

Satu lagi tempat wisata alam baru di Kabupaten Nganjuk. 



Gua Putri Ayu yang dikelola Perhutani KPH Nganjuk baru dibuka untuk umum. Selain gua, para pengujung juga dapat menikmati grojogan yang bersumber dari mata air ubalan.

Apa yang terbesit di fikiran anda jika mendengar tentang wisata Kabupaten Nganjuk? pasti air terjun sedudo, Pernah terbesitkan di fikiran anda jika wisata nganjuk tidak melulu soal air terjun sedudo, Kali ini ujaey bob akan membahas tentang wisata terbaru nganjuk, sebuah air terjun pegunungan watu kapur yang berada di sisi utara nganjuk,air terjun tersebut bernama grojogan putri ayu nganjuk. 
air terjun ini terbilang wisata baru di daerah nganjuk dan juga belum seberapa terkenal seperti di pegunungan wilis.

Berlokasi di Dusun Balo, Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso, Gua Putri Ayu berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Nganjuk. Tepatnya di kawasan hutan jati milik Perhutani. Di tepi jalan, pengelola sengaja memasang spanduk besar sebagai tanda gerbang masuk menuju objek wisata.

Sebagai kawasan hutan yang berada di Resort Pemangku Hutan (RPH) Balo, akses jalan memang masih terjal. Berjarak sekitar 1 km dari tepi jalan raya Nganjuk-Bojonegoro, pengunjung harus ekstra hati-hati. Pasalnya selain terjal, jalan juga berbatu.

Meski begitu, pemandangan hutan jati membuat suasana perjalanan menuju Gua Putri Ayu tetap menyenangkan. Sebelum masuk ke gua, Perhutani telah menyiapkan loket karcis. Satu orang dikenakan biaya Rp 5 ribu. Selain melihat gua, wisatawan juga disuguhi grojogan. Namanya Grojogan Putri Ayu.
Memiliki ketinggian sekitar tidak lebih 10 meter saja berundak - undak ada yang tidak 6 meter juga 3 meter. Dengan tipe air jatuhnya merambat.

Tak jauh dari lokasi grojogan terdapat sebuah goa dahulu kala dipercaya sebagai tempat bertapa.
Objek Wisata Gua dan Grojogan Putri Ayu baru dibuka untuk umum pada 25 September lalu. Makanya, sarana dan prasarana (sarpras) di sana belum lengkap. Untuk menuju ke mulut gua, pengunjung harus menaiki sejumlah anak tangga.

Sepanjang jalan di sekitar tebing, para pengunjung dapat menikmati beberapa mulut gua. Namun karena lubangnya sempit, tidak bisa dimasuki sampai ke dalam. Sementera lokasi Grojogan Putri Ayu tidak jauh dari gua. Letaknya berada di tepian gua menuju jalan keluar.

"Pengunjung dapat menikmati dua objek wisata sekaligus," kata Suwito, Kepala RPH Balo kepada Jawa Pos Radar Nganjuk di lokasi kemarin.

Posting Komentar untuk " Goa Dan Grojogan Putri Ayu"