Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Singkat Air Terjun Sedudo

 Asal Usul Air Terjun Sedudo



Sedudo.com Pada saat zaman kerajaan Kediri, sang raja memiliki seorang putri yang menderita penyakit aneh, seperti cacar namun sangat menjijikan bagi yang melihatnya. Akhirnya putri sang raja tersebut disuruh berobat kesebuah pendepokan yang terletak didaerah Pace. 

Pemilik pendepokan tersebut sekaligus teman sang raja diminta untuk menyembuhkan dan menyembunyikan identitas sang putri dari rakyat sekitar. Akhirnya setiap pagi hari putri sang raja dimandikan di Air Terjun Roro Kuning.

Waktu berjalan penyakit putri berangsur-angsur sembuh, paras cantiknya terlihat kembali. Kemudian anak dari pemilik pendepokan tersebut mengetahui siapa si putri ini. Bahwa sang putri merupakan putri raja Kediri yang sedang berobat dipendepokan ayahnya ini. Akhirnya kedua anak pemilik pendepokan mengejar hati putri kerajaan Kediri itu.

Dan pada akhirnya ketiga insan tersebut merajut cinta, namun cerita berulah bermulai ketika si putri tersebut sembuh dari penyakitnya. Akhirnya sang raja dari kerajaan itu menjodohkan putrinya dengan pilihan sang ayah (raja Kediri). Lalu kedua anak dari pemilik pendepokan tersebut patah hati berat. Akhirnya berbulan-bulan kedua anak tersebut mengurung diri dikamar. 

Hingga suatu ketika mereka keluar kamar dengan sikap yang berubah total. Yang dulunya begitu ramah dengan masyarakat, kini kedua anak tersebut tidak memiliki sopan santun terhadap orang lain semenjak peristiwa tersebut.



Kerena sikap yang dimiliki kedua anaknya, akhirnya membuat pemilik pendepokan tersebut yang tidak lain adalah ayahnya sendiri. Ia mengutus kedua anak tersebut untuk bersemadi untuk melupakan jalinan kasih dengan putri sang raja Kediri. 

Sebelum melakukan semadi kedua anak tersebut mengucapkan janji/ikrar sang adik tidak akan pernah sopan santun lagi kepada orang lain, sedangkan sang kakak akan selalu hidup melajang.

Sang kakak bertapa disebuah air terjun tertinggi, maka dari itu air terjun tersebut dinamakan Sedudo yang berarti "sing ora mendudo" (yang melajang). Sedangkan sang adik bertapa di air terjun Singokromo yang artinya "Sing Ora Kromo" (tidak memiliki sopan & santun). Lokasi air terjun singokromo berada dibawah air terjun Sedudo.

Posting Komentar untuk "Sejarah Singkat Air Terjun Sedudo"