Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keindahan di Balik Pesona Mistis dan Mitos

Sedudo.com  air terjun yang terkenal dengan nuansa mistisnya. 



Tetapi, air terjun ini Nampak indah dan mempesona. 

Nama air terjun ini adalah air terjun Sedudo. Bagi, sobat native yang berada di wilayah nganjuk pasti sudah tahu dan mengerti tentang air terjun ini. 

Karena, Air Terjun sedudo menjadi ikon wisata Kota Nganjuk.Air terjun ini berada di ketinggian 1.438 mdpl dengan ketinggian air terjun mencapai 105 meter. 

Kawasan ini berada di lereng gunung wilis. Banyak masyarakat yang selalu datang ke kawasan ini. 

Pada saat liburan apalagi libur panjang. Kawasan ini pasti akan dipenuhi oleh Sobat Native yang penasaran dengan kawasan ini. 

Keindahan yang ditawarkan dengan yang dihadirkan dalam sebuah video atau dalam sebuah tulisan lebih indah yang langsung dilihat oleh mata. Pesonanya, eloknya tidak bisa terbantahkan sedikit pun.

Debit air yang cukup deras, menghadirkan suara dentuman yang indah, seperti halnya mendengarkan alunan musik yang membuat hati tenang, nyaman dan senang. 

Seperti itulah yang kira-kira bisa dihadirkan di kawasan ini.Selain itu, ada beberapa cinderamata dan oleh-oleh yang bisa dibeli untuk dibawa pulang.

Kebanyakan dari mereka penasaran dengan cerita rakyat yang terus berkembang dari masa ke masa dan masih dipercaya hingga saat ini.

Masyarakat setempat masih mempercayai, air terjun in memiliki kekuatan supra natural. 

Lokasi wisata alam ini ramai dikunjungi orang pada bulan Sura (kalender Jawa). 

Konon mitos yang ada sejak zaman Majapahit, pada bulan itu dipercaya membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun tersebut.

Setiap Tahun Baru Jawa, air terjun Sedudo dipergunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan arca dalam upacara Parna Prahista, 

yang kemudian sisa airnya dipercikan untuk keluarga agar mendapat berkah keselamatan dan awet muda. Hingga sekarang pihak Pemkab Nganjuk 

secara rutin melaksanakan acara ritual Mandi Sedudo setiap tanggal 1 Suro.Ada pula yang bertapa untuk meminta dinaikkan jabatan dan dilancarkan urusan politiknya. 

Entah benar atau tidak yang namanya juga sebuah kepercayaan, yang sebisa mungkin jangan dituruti karena musyrik dan menentang ajaran agama.

Selain memiliki keindahan dari alamnya dan dari kebudayaannya, Air Terjun sedudo juga memiliki keistimewaan yang menarik untuk disimak. Salah satunya adalah air terjun ini memiliki khasiat bisa membuat awet muda.

Tradisi yang tak kalah penting yaitu adalah Jamasan Pusaka, di mana biasanya dilakukan di kantor Desa Ngliman. 



Jamasan Pusaka dilaksanakan dengan mencuci pusaka-pusaka seperti keris, tombak dan pusaka-pusaka peninggalan Kerajaan Majapahit lainnya.


Posting Komentar untuk "Keindahan di Balik Pesona Mistis dan Mitos"