Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercepat Loading Komputer “Nonaktifkan Hardware Device”

Diartikel yang lalu kita telah membahas tentang Cara Mudah Mempercepat Loading Komputer “ dan kali ini, lagi-lagi kita akan membahasnya dengan beberapa trik yang lain, yaitu Me-Nonaktifkan Hardware Device”. Salah satu beban terberat Windows saat booting adalah me-load semua driver-driver hardware yang terinstalasi pada komputer. 
 

 
 
Padahal mungkin saja tidak semua hardware-hardware tersebut sering digunakan gunakan. Misalnya saja TV tuner? Finger print? Web cam pada notebook? SD card dan lain sebagainya? Kenapa tidak anda disable saja hardware-hardware tersebut? Sehingga beban Windows akan sedikit berkurang dan waktu booting anda akan lebih cepat dari biasanya. Tenang saja, anda masih bisa meng-enablekan hardware-hardware tersebut pada saat ingin menggunakannya nanti.


Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk men-disablekan driver hardware (ingat, pilihlah hardware yang benar-benar jarang anda gunakan): 

1. Akses device manager dengan mengetikkan devmgmt.msc atau cukup dengan mengetikkan ˜device ™ pada search bar kemudian tekan enter. 

2. Akan muncul jendela device manager. Pilih hardware yang akan anda disablekan. Misalnya di sini saya mempunyai hardware PCMCIA adapters, padahal saya sangat jarang menggunakan device ini, maka lebih baik saya nonaktifkan (disable) saja device ini. Maka saya tinggal mengklik root PCMCIA adapters, kemudian mengklik kanan device PCMCIA saya dan memilih menu disable.



3. Pada warning box yang muncul klik yes, dan kini device tersebut resmi dimatisurikan. Pada saat me-restart computer, anda akan merasakan bedanya.


Dengan menonaktifkan beberapa device yang jarang digunakan, berarti anda telah meringankan beban Windows, sehingga kini Windows dapat bekerja lebih ringan dan juga booting lebih cepat. 

Device yang di disable atau nonaktifkan akan ditandai dengan tanda anak panah yang menghadap ke bawah, jadi tidak perlu sangsi akan lupa device mana saja yang sudah di disable, karena setiap device yang disable akan muncul tanda anak panah menghadap ke bawah. 

Lalu bagaimana jika suatu saat kita ingin menggunakan device tersebut..? Caranya: tinggal mengklik kanan device yang disablekan, kemudian pilih menu enable.


Komputer Lemot..?? Enaknya Yang Mana Aja Nih Ya Yang Mau Di-DISABLE-Kan..?? 

1. Network Adapters 
Khususnya pada notebook, biasanya ada lebih dari satu network adapters disini. Yang satu untuk network adapter untuk wireless dan yang satu untuk kabel. Tergantung jarang menggunakan yang mana? Kalau untuk notebook, biasanya yang jarang digunakan adalah network adapter yang untuk kabel. 

2. Fire Wire 
Jika memiliki 1394 connection atau lebih dikenal dengan sebutan fire wire, direkomendasikan untuk men-disable nya, kecuali jika sering mengkoneksikan fire wire port ke video recorder atau fire wire device lainnya. 

3. Modems 
Kalau jarang menggunakan modem, lebih baik dinonaktifkan saja, lagipula jika anda sewaktu-waktu ingin menggunakannya kan tinggal meng-enablekannya lagi 

4. TPM Security Chips 
Jika hardisk kita mendukung teknologi TPM, maka fitur bit locker drive encryption bisa anda aktifkan. Bit locker drive encription merupakan sebuah fitur bawaan Vista yang berfungsi untuk mengenkripsi drive. Tapi jika anda tidak ingin menggunakannya ya enable kan saja device ini. 

5. Multimedia Device 
Komputer anda pasti banyak memiliki fungsi multimedia, seperti TV , sound, video, game controler dan lain sebagainya. Nah, matikan saja device multimedia yang jarang digunakan. Misalnya saja game controller 

6. PCMCIA Cards 
Dengan PCMCIA cards, kita dapat terkoneksi jaringan internet melalui jaringan operator seluler, dan tentunya anda juga harus memasukkan SIM card dari operator yang bersangkutan. 
 
Demikian cara dan penyebat pc atau leptop anda lelet aliyas lemood , semoga bermanfaat dan terimakasih


 

Posting Komentar untuk "Cara Mempercepat Loading Komputer “Nonaktifkan Hardware Device” "