Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PROGRAM MENGAJI UNTUK ANAK

 Saat ini banyak sekali orang tua yang memprogramkan anak-anak mereka untuk pintar mengaji,




Bahkan sejak dini banyak sekali orang tua yang selalu mencari tempat dan menambah jam belajar anak khususnya untuk mengaji. 

Bahkan waktu liburan sekolah kemarin, banyak juga orang tua yang tetap menambah belajar mengaji anak dengan cara belajar di pondok pesantren. Sungguh sangat menyenangkan bila anak-anak kita yang masih kecil bahkan pada usia dini, mereka sudah bisa menglafalkan ayat-ayat suci Al Quran dengan baik dan fasih.

Namun tidak semua anak yang mau untuk belajar mengaji karena mereka beranggapan belajar mengaji sangat sulit. Dan orang tua sendiri juga tidak bisa berbuat banyak ketika anak-anak mereka sudah diikutkan dalam belajar mengaji secara kilat atau kursus mengaji. Jika anak mengalami kesulitan dalam belajar mengaji, ada beberapa cara mengatasi anak sulit belajar mengaji

Bahkan pada saat libur sekolah,banyak orang tua yang tetap ingin menambah jam belajarmengaji untuk anak di tpq ,masjit atau mushola.

Sungguh sangat membahagiankan untuk orangtua apabila anak anaknya yang masih kecil sudah bisa membaca al quran dengan benar dan fasih

Akan tetapi tidak semua anak mau belajar mengaji karena mereka beranggapan bahwa mengaji itu sulit, dan terkadang orangtu tidak bisa berbuat banyak saat anaknya sudah diikut sertakan belajar mengaji namu tetap tidak mau belajar mengaji,agar anak suka mengaji lakukan beberapa cara berikut ini:


*Waktu Mengaji

Carilah waktu yang cocok untuk mulai membiasakan si kecil mengaji. Atur jadwal si kecil dengan sebaik-baiknya, dan sebelumnya, beri penjelasan kepada si kecil mengenai jadwal yang akan dilaksanakan tersebut.

Kapan si kecil boleh bermain, kapan wajib beristirahat, kapan belajar, makan, mandi dan aktifitas harian lainnya

Selian waktu yang ditentukan untuk belajar mengaji, informasikan juga kepad anak tentang waktu-waktu yang digunakan oleh sang anak. Misalnya waktu untuk bermain, waktu untuk istirahat, waktu untuk mandi, dan waktu untuk bebas tanpa belajar dan waktu-waktu yang lainnya. Dan tentunya, jangan pernah membatasi waktu anak secara ketat, atur secara fleksibel

*Penjelasan Kenapa Harus Mengaji

Berilah arti yang jelas dan padat mengenai argumen mengapa si kecil wajib belajar mengaji. Dan mengapa ia wajib meluangkan sedikit waktunya untuk mengaji dan ibadah-ibadah yang lainnya.

Melakukan komunikasi dan bertukar pendapat atau pikiran kepada si kecil agar memperoleh cerminan mengenai pendapat si kecil atas apa yang dikerjakan. Si kecil juga bakal terbiasa mengeluarkan unek-uneknya dan ia bakal merasa dihargai.

Jadi perlahan-lahan ia bakal berusaha untuk mengikuti apa yang Ayah Bunda paparkan, Untuk penjelasan kenapa harus belajar mengaji? Masing-masing orang tua memiliki cara dan penjelasan yang berbeda. Disini kami hanya sedikit memberi penjelasan secara sederhana saja

*Keteladanan Orang Tua

Keteladanan. Si kecil pasti bakal meniru orangtuanya. Apa yang dikerjakan oleh orangtuanya pasti bakal lebih bisa mengecap di otaknya dibandingkan yang orang lain perbuat.

Untuk menanamkan kebiasaan baik, Ayah Bunda wajib terlebih dahulu mencontohkannya terhadap si kecil. Bahkan dengan mencontohkannya saja, si kecil bakal dan merta mengikuti tanpa wajib Ayah Bunda perintahkan terlebih dahulu. Sebab si kecil merupakan peniru ulung. Ada saja hal-hal yang bisa ditirunya.

Jangan pernah bosan dalam mengajari anak. Bahkan ketika anak sedang semangat-semangatnya untuk belajar mengaji dan orang tua tidak mood untuk memberi pelajaran mengaji, jangan biarkan rasa malas orang tua dalam mengajari anak menjadi boomerang.

Karena jika anak tidak mendapatkan respon apa yang diinginkan, maka saat itulah anak juga mulai enggan untuk mengaji, Bersabarlah jika anak sangat lama dalam belajar mengaji, jika anak belum lancar-lancar dalam mengaji, jangan marah, jangan malas. Tanggungjawab orang tua selain memberi nafkah juga memberi ilmu yang bermanfaat untuk anak-anak

*Al-Qur'an Pilihan

Ciptakan suasana yang selalu ada dengan Al-Qur'an. Misalnya; memperdengarkan murattal dan mendekatkan si kecil dengan orang-orang yang juga suka mengaji atau membaca Al-Qur'an.

Berilah penjelasan kepada si kecil mengenai kelebihan orang yang suka membaca Al-Qur'an.Terbiasa dengan mendengarkan ayat-ayat Al Quran setiap hari akan memudahkan anak untuk terbiasa dengan Al Quran dan tentunya meraka akan ingin merasa tahu cara membaca Al Quran dan dari sinilah mereka akan memulai untuk belajar mengaji. Namun untuk membuat anak penasaran dengan ayat-ayat Al Quran yang didengarkan, jangan pernah mendengarkan anak-anak dengan lagu-lagu yang lain secara bersamaan

*Disiplin dan Konsisten (Istiqomah)

Kebiasaan yang dilakukan orang tua terhadap anak-anak dalma hal apapun akan menghasilkan apa yang telah diajarkan orang tua kepada anaknya. Begitu juga dengan mengaji, membiasakan anak dan selalu mengajarkan anak mengaji akan membuat anak lebih mudah dalam belajar mengaji.

Jika anak sedang tidak mood untuk mengaji, lakukan beberapa perubahan dalam mengajari anak belajar mengaji, jangan monoton atau membosankan. Misalnya menggunakan alat bantu berupa gambar atau layar bergerak

Disiplin dan konsisten dalam membiasakan dan mengajarkan si kecil mengaji. Jika si kecil sedang tidak mood, berilah rangsangan agar si kecil mau belajar membaca Al Quran. Berkreasilah dalam mengelola mood si kecil dengan melakukan aneka tutorial pembelajaran. Bisa dengan suasana santai, dan tak memberatkan si kecil.

*Keteladanan Orang Tua

Ingin anak belajar mengaji secara otomatis tanpa perlu disuruh? Mengajilah!
Orang tua harus mengaji jika ingin anak-anak juga mengaji karena anak-anak pasti akan meniru dengan sendirinya jika melihat orang tua mengaji. Jadi jangan heran ketika anak bertanya saat mereka disuruh untuk mengaji dan menjawab seperti ini, “Mama Papa kok tidak mengaji?”, “Ayah Bunda, ajari adek ngaji ya ”Ayah Bunda, adek inginnya belajar mengaji sama bunda

Apabila nyatanya si kecil belum lancar mengaji, ajarkanlah dengan berangsur-angsur dan dengan kesabaran ekstra. Gunakan metode pembelajaran yang beraneka ragam jadi tak membuat si kecil jenuh. Kini ini tak sedikit sekali perkembangan tutorial membimbing si kecil dan juga media pembelajaran yang terus beragam.

Tugas Ayah Bunda bakal terbantu dengan keberadaan media-media tersebut
Melatih si kecil untuk meperbuat hal-hal baik itu pasti menjadi sesuatu yang tak bisa disepelekan. Sebab erat kaitannya dengan pembangunan karakter si kecil hingga nanti ketika si kecil dewasa.

Karakter baik tersebut telah tertanamkan ke dalam jiwanya. Apalagi untuk menanamkan pembiasaan mengaji pada si kecil membutuhkan keseriusan, kesabaran dan perhatian orangtua.



Dengan mengajari si kecil membaca Al-Qur'an, pastinya Ayah Bunda  juga wajib terlebih dahulu bisa membaca Al-Qur'an. Sebab apabila Ayah Bundanya saja tak terbiasa membaca Al-Qur'an, bagaimana menyuruh si kecil mengaji? Orang tua adalah guru yang baik, untuk itu mulailah dulu dari Ayah Bunda atau diri sendiri, lalu mulai menularkannya terhadap si kecil.

Menanamkan kebiasaan baik terhadap si kecil, wajib dari hati. Tak ada paksaan apalagi hingga mendzalimi hak anak.dalam melatih dan mengajarkan anak untuk meperbuat hal-hal yang baik pasti menjadi sesuatu yang tidak bisa disepelekan. Karena pembangunan karakter anak hingga mereka dewasa nanti adalah berasal dari kebiasaan-kebiasaan yang baik yang telah dilakukan sejak dini

Begitu juga dengan mengajari anak untuk mengaji, tentunya yang menjadi kewajiban orang tua adalah orang tua harus bisa membaca Al Quran terlebih dulu.

1 komentar untuk "PROGRAM MENGAJI UNTUK ANAK"