Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

INTERNET DAN TEKNOLOGI INFORMASI

 PENGERTIAN INTERNET DAN TEKNOLOGI INFORMASI 


Internet sebenarnya merupakan contoh sebuah jarinagn komputer.Jaringan ini menghubungkan jutaan komputer yang tersebar di seluruh dunia.YAng menarik,siapapun dapat terhubung ke dalam jaringan ini.

   Internet banyak memberikan keuntungan pada pemakai.Namun,di balik manfaat yang bia diperoleh melalui internet adaalh kemudahan dalam memeperoleh informasi.Internet memungkinkan siapapun mengakses berita-berita terkini melalui koran -koran elektronis 

Hasil riset dalam bentuk abstraksi atau terkadang dalam bentuk makalah lengkap.majlah,katalog,atau bahkan buku juga dapat di peroleh secara online.Kedua Internet mendukung transaksi dan operasi bisnis atau yang dikenal dengan sebutan e-Bisiness.Melalui internet ini di mungkinkan untuk melakukan pembelian barang secra onlne.Ketiga berbagai aktivitas baru dapat ditangani oleh Internet misalnya:

Sistem pembelajaran jarak jauh ( distance learning atau e-learning) yang memungkinkan kuliah secar online atau melakukan diskusi dalam kelas jarak jauh

Sistem telepon dengan biaya murah

Pencarian lowongan kerja

transfer uang.



Adapun dampak negatif yang diakibatkan oleh internet antara lain kemudahan orang untuk menjiplak karya orang lain kejahatan penggunaan kartu kredit,perusakan sistem melalui virus,penayangan pornografi,dan bahkan kemudahan dalam melakukan agitasi.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan teknologi informasi?

Apakah teknologi informasi itu identik dengan komputer?

Apakah benar telepon seluler juga merupakan bagian teknologi informasi?

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini sering dilontarkan dan untuk menemukan jawabannya kita perlu memahami pengertian teknologi informasi itu sendir.

Teknologi informasi ( information technology) biasa disebut IT,TI. infotech.Berbagai definisi tentang informasi diberikan pada tabel dibawah ini,dengan maksud dapat memberikan gambaran lebih lanjut tentang teknologi informasi.

Berbagai definisi teknologi informasi.



Dari definisi yang tercantum pada tabel diatas terlihat bahwa teknologi informasi baik secara implisit maupun eksplisit tidak sekedar berupa teknologi komputer,tetapi juga mencakup teknologi

 telekomunikasi.Dengan kata lain,yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.

Penjelasan atas dua teknologi yang mendasari teknologi informasi adalah sebagai berikut.

Teknologi Komputer

Teknologi komputer adalah teknologi yang berhubungan komputer,termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan dengan komputer seperti printer,pembaca sidik jari,dan bahkan CD-ROM.Komputer adalh mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program,digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.

Program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.

Data adalah bahan mentah bagi komputer yang dapat berupa angka maupun gambar,sedangkan informasi adalah bentuk data yang telah diolah sehingga dapat menjadi bahan yangb berguna untuk pengambilan keputusan.

Teknologi komunikasi

Teknologi telekomunikasi atau biasa juga disebut teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh.Termasuk dalam kategori teknologi ini adalah telepon,radio,dan televisi.

Perlu diperhatikan bahwa komputer tidak harus berupa seperti PC, yang anda jumpai dirumah atau dikantor,tetapi juga berupa peralatan-peralatan lain seperti mesin pembuat kopi,ovenmikro gelombang (microwave),remote untuk TV,televisi,ponsel,dan CD Player.Peralatan-peralatan seperti itu pada masa kini bergantung pada komputer dalam bentuk chip yang diebut mikroprosesor.

Mengingat keadaan seperti itu,banyak yang berpendapat bahwa istilah komputer kurang tepat.Komputer  tidak sekedar untuk melakukan komputasi seperti yang tersirat dinamanya.

Sebagaimana dikatakan oleh John Von Newman,pelopor teknologi komputer bahwa  yang disebut komputer itu seharusnya tidak dinamakan seperti itu,tetapi lebih tepat kalau dipanggil 'mesin berguna' (William Sawyer,2003,hal 7).

Dari penjelasan diatas tersirat bahwa teknologi informasi tidak harus secara spesifik berupa komputer yang terhubung ke komputer lain atau melalui alat telekomunikasi,tetapi dapat juga berupa peranti seperti ponsel ataupun peralatan elektronika lain yang berhubungan dengan penyajian informasi (misalnya televisi).Hal yang terpenting adalah bahwa teknologi informasi itu melibatkan komputer dan telekomunikasi. 


Posting Komentar untuk "INTERNET DAN TEKNOLOGI INFORMASI "