Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIKTOK MELANGGAR hak pengguna - Organisasi

TikTok telah dituduh "secara besar-besaran" melanggar hak pengguna oleh kelompok konsumen Eropa.



Organisasi Konsumen Eropa (BEUC) mengatakan platform tersebut "bertentangan dengan berbagai pelanggaran hak konsumen di Uni Eropa".

Ia juga mengklaim bahwa TikTok gagal melindungi anak-anak dari iklan tersembunyi dan konten yang tidak pantas.

TikTok mengatakan kepada BBC bahwa mereka telah meminta pertemuan dengan BEUC untuk membahas masalah tersebut.

Otoritas tersebut mengajukan keluhan ke jaringan otoritas perlindungan konsumen Uni Eropa.

TikTok, yang dimiliki oleh perusahaan China Bytedance, telah menghadapi banyak kritik terkait kebijakan privasi dan keamanannya setelah sejumlah insiden.

BEUC mengutip beberapa masalah dalam pengaduannya kepada Uni Eropa, di antaranya menyatakan persyaratan layanan platform "tidak adil".

"Mereka tidak jelas dan tidak jelas, dan lebih memilih TikTok daripada penggunanya," kata organisasi itu.

"Persyaratan hak ciptanya juga tidak adil karena memberikan TikTok hak yang tidak dapat dibatalkan untuk menggunakan, mendistribusikan, dan mereproduksi video yang diposting oleh pengguna, tanpa biaya."



Anak-anak yang gagal pemahaman

Monique Goins, direktur jenderal BEUC, mendesak pihak berwenang untuk "mengambil tindakan cepat" terhadap platform tersebut.

"Hanya dalam beberapa tahun, TikTok telah menjadi salah satu aplikasi media sosial paling populer dengan jutaan pengguna di seluruh Eropa. Nona Goynes mengatakan TikTok telah mengecewakan penggunanya dengan secara besar-besaran melanggar hak-hak mereka.

Anak-anak menyukai Tik Tok, tetapi perusahaan gagal melindungi mereka.

“Kami mendesak aparat segera bertindak. Mereka harus bertindak sekarang untuk memastikan TikTok menjadi tempat yang bisa dinikmati konsumen, khususnya anak-anak tanpa dirampas haknya,” imbuhnya.

Seorang juru bicara TikTok mengatakan kepada BBC bahwa platform tersebut telah mengambil banyak langkah untuk melindungi penggunanya, terutama mereka yang berusia 16 tahun atau lebih muda. Pengguna harus berusia 13 tahun atau lebih untuk bergabung dengan platform ini.

Menjaga komunitas kami aman, terutama pengguna yang lebih muda, dan mematuhi hukum yang kami gunakan adalah tanggung jawab yang kami tangani dengan sangat serius,” katanya.

“Setiap hari kami bekerja keras untuk melindungi komunitas kami, itulah sebabnya kami telah mengambil serangkaian langkah penting - termasuk menjadikan semua akun milik pengguna di bawah usia 16 tahun sebagai pribadi secara default. 

Kami juga telah mengembangkan ringkasan dalam aplikasi kami Kebijakan Privasi dengan kosakata dan nada suara yang memudahkan Anda. ”Remaja memahami pendekatan kami terhadap privasi."

2 komentar untuk "TIKTOK MELANGGAR hak pengguna - Organisasi"