Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Ini Sangat Diperlukan Agar Blog Cepat Terindex

8 Hal Diperlukan Agar Blog Cepat Terindex
Sebagian bloggers kebingungan dengan cara agar blog cepat terindex di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan Yandex.

Pengindeksan Google masih merupakan proses yang agak tidak jelas saat ini. Siapa yang tahu apakah yang baru Anda akan membutuhkan waktu satu jam atau seminggu untuk terlihat?

Anda baru saja menerbitkan artikel baru di blog Anda atau halaman baru di situs web Anda, dan Anda telah melakukan semua optimasi yang diperlukan untuk meningkatkan SEO Anda .

Ya tapi ini dia: semua upaya ini tidak akan terlihat jika Google tidak mengindeks konten Anda di basis datanya!

Bagaimana cara mengurangi waktu antara penerbitan dan pengindeksan URL baru Anda?

Berikut 8 tips kami yang dapat membantu mengindeks konten Anda lebih cepat di Google:


  1. Beri tahu Google bahwa tautan Anda adalah prioritas

  2. Gunakan peta situs

  3. Buat tautan dari halaman terpenting Anda

  4. Refresh halaman lama Anda dengan konten baru Anda

  5. Optimalkan struktur URL Anda

  6. Perhatikan kecepatan pemuatan halaman Anda

  7. Hindari tautan yang rusak atau kesalahan unggahan

  8. Bagikan konten baru Anda di media sosial



Beri tahu Google bahwa tautan Anda adalah prioritas

Cara pertama untuk mengurangi waktu tunggu adalah dengan memberi tahu Google bahwa Anda telah membuat halaman baru online, dan bahwa halaman ini harus dalam prioritasnya.

Untuk melakukan ini, buka platform Google Search Console Anda , lalu klik "inspeksi URL" di menu di sebelah kiri layar Anda:



Alat ini memberi tahu Anda apakah URL Anda telah diindeks oleh Google atau tidak.

Jika halaman Anda diindeks dengan baik, semua kriteria akan berwarna hijau seperti di bawah ini untuk posting blog terakhir Anda:

Cara paling mudah menulis artikel SEO

Jika tidak, Anda dapat meminta Google untuk memasukkannya ke daftar prioritas halaman yang akan diindeks. Tentu saja, yang terakhir pasti sangat panjang, tetapi manipulasi yang cepat dan mudah ini bisa mempercepat proses!

Gunakan peta situs

Teknik lain yang cukup umum untuk mempercepat pengindeksan Google konten Anda adalah dengan menggunakan peta situs.

Apa itu peta situs? Ini hanyalah sebuah file yang memungkinkan Anda untuk memberikan informasi Google tentang halaman, gambar atau video di situs web Anda . Ini juga memungkinkan Anda menunjukkan hierarki di antara mesin pencari Anda, serta pembaruan terakhir untuk diperhitungkan.

Menggunakan sitemap dapat sangat berguna untuk pengindeksan Google dalam kasus berikut:

  • Jika situs Anda meng-host banyak halaman dan konten yang berbeda: ini memastikan bahwa Google tidak melupakan apa pun.

  • Jika Anda belum menautkan semua halaman Anda bersama-sama: peta situs memungkinkan Anda memberi tahu Google hubungan antara URL Anda yang berbeda.

  • Jika situs Anda masih terlalu baru untuk memiliki backlink masuk atau tautan eksternal: ini memungkinkan Anda untuk mengingatkan Google akan keberadaan halaman Anda.



Ada 3 cara untuk mengomunikasikan peta situs Anda ke Google:

Kirim peta situs Anda di alat "SiteMap" di Search Console :

Masukkan baris berikut dalam file robots.txt Anda, seperti yang disarankan di Google:


bagaimana cara mengkomunikasikan peta situs saya ke Google?

Khususnya minta Google untuk merayapi peta situs Anda, menggunakan fungsionalitas "Ping", dengan memasukkan URL berikut:
http://www.dyasxp.com/ping?sitemap=contohnya: http://www.dyasxp.com/ping?sitemap=https://example.com/sitemap.xml


Bagaimana cara menggunakan fitur ping di google?

Dengan menggunakan opsi terakhir ini, Anda kemudian akan mendarat di halaman berikut:


Peta Situs Anda siap dianalisis oleh Google!

Buat tautan dari halaman terpenting Anda

Ketika Anda mempublikasikan posting blog atau halaman baru di situs web Anda, jangan biarkan konten ini menjadi yatim!

Kebiasaan baik untuk mempercepat pengindeksan Google dan mengoptimalkan referensi konten baru Anda adalah dengan menautkannya ke halaman Anda yang sudah memiliki otoritas paling besar di situs web Anda.

Untuk menentukan halaman mana yang paling penting di situs web Anda, gunakan Google Analytics . Untuk melakukan ini, buka tab "Perilaku" dan menganalisis kinerja halaman terbaik Anda.

9 Cara meningkatkan Otoritas Domain

4. Refresh halaman lama Anda dengan konten baru Anda

Demikian juga, cara sederhana untuk membuat konten Anda diindeks lebih cepat dan pada saat yang sama meningkatkan SEO Anda adalah menyegarkan konten lama Anda dengan halaman yang baru diterbitkan.

Luangkan waktu untuk melihat kembali publikasi Anda sebelumnya: apakah konten baru Anda ada di tempat?

Mari kita ambil contoh konkret. Jika saya menerbitkan artikel baru di fitur Instagram baru besok di blog Digitad, saya pasti akan memiliki kesempatan untuk menautkan konten baru ini ke artikel yang sudah ada. Tetapi bagaimana Anda tahu artikel mana yang relevan?

Untuk membantu Anda, cukup ketik bilah pencarian di google kata kunci yang ingin Anda targetkan, lalu tambahkan "situs: nama situs Anda":

Anda memiliki akses langsung ke semua konten Anda yang berhubungan dengan subjek yang dipilih. Kemudian cukup masukkan tautan internal yang mengarahkan ulang ke konten baru Anda, dan voila!

5. Optimalkan struktur URL Anda

Anda mungkin kehilangan optimasi sederhana dan cepat ini: struktur URL Anda !

URL adalah apa yang akan memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan Google di tempat pertama: apa konten Anda? Di bawah mana situs itu dihosting? Di bagian mana ini diklasifikasikan?

Tapi apa sebenarnya URL yang bagus? Berikut rekomendasi utama kami:
  • Cobalah untuk menjaga struktur yang sama untuk membuat pengindeksan Google lebih mudah. Misalnya di Mazkin, semua artikel blog kami adalah URL yang dibangun dengan cara yang sama: https://mazkin.net/ini-url/

  • Lebih suka URL pendek sehingga konten Anda mudah dimengerti untuk mesin pencari.

  • Untuk memisahkan kata, gunakan hanya tanda hubung: ini adalah satu-satunya tanda baca yang dipahami oleh Google.

  • Di sini, misalnya, adalah URL yang dibangun dengan baik yang diindeks oleh Google hanya dalam beberapa jam:

6. Perhatikan kecepatan pemuatan halaman Anda

Kami tidak akan pernah cukup memberi tahu Anda: yang terpenting hari ini untuk mesin pencari adalah pengalaman yang Anda tawarkan kepada pengguna , dan ini dari pengindeksan Google!

Oleh karena itu halaman baru lebih cenderung diindeks lebih cepat jika semua kriteria teknis dipenuhi, dimulai dengan kecepatan pemuatannya.

Untuk menilai kecepatan memuat salah satu halaman Anda, gunakan alat PageSpeed Insight Google :

Jika Anda melihat bahwa halaman Anda terlalu lama dimuat, Anda mungkin menunda pengindeksan Google-nya.

Untuk meningkatkan kecepatan memuat halaman Anda, ada beberapa tips:

1. Kurangi waktu pemuatan dengan memuat gambar halaman Anda di luar layar.
2. Kompres teks Anda untuk mengurangi waktu pemuatan.
3. Hapus sumber CSS yang tidak digunakan .

Hindari tautan yang rusak atau kesalahan unggahan

Seperti halnya kecepatan pemuatan, kesalahan teknis atau tautan yang rusak berkontribusi pada kualitas pengalaman yang Anda tawarkan kepada pengguna. Oleh karena itu kriteria ini diperhitungkan dalam pengindeksan Google!

Mesin pencari tidak akan mengindeks konten Anda jika mengandung kesalahan teknis, jadi Anda harus menghindarinya.

Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi kesalahan yang ada di situs Anda, untuk mengetahui di mana dan bagaimana bereaksi.

Untuk melakukan ini, buka platform Search Console Anda, lalu di tab "Cakupan":


Ini memberi Anda akses ke semua kesalahan yang mungkin mencegah pengindeksan satu atau lebih halaman Anda. Jika Google menemukan masalah yang mencegahnya mengindeks konten Anda, Anda juga memiliki akses ke semua rekomendasi untuk menyelesaikan pemblokiran ini.

8. Bagikan konten baru Anda di media sosial

Saat Anda mempublikasikan artikel baru atau halaman baru di situs web Anda, pertimbangkan untuk membagikannya di media sosial Anda!

Jika tautan antara keberadaan media sosial dan pengindeksan Google tidak secara langsung terbukti, inilah mengapa Anda harus membagikan konten baru Anda untuk mempercepat pengindeksan secara tidak langsung:

Platform sosial seperti Reddit dipandang sebagai tautan eksternal masuk nyata untuk Google. Jadi ini berarti bahwa dengan membagikan konten segar Anda di media sosial ini, Anda memberi sinyal kepada Google bahwa konten itu ada dan telah memperoleh tautan masuk. Jika Anda membagikan konten Anda di akun media sosial Anda , ada kemungkinan besar Anda akan mulai mendapatkan lalu lintas ke halaman baru Anda. Ini sekali lagi mengirimkan pesan positif ke Google, yang akan mengindeks konten Anda sebagai prioritas karena sudah menarik pengunjung.

Konten Anda siap untuk pengindeksan Google!

Jika proses mesin pencari masih sangat misterius, ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mempromosikan konten Anda dalam daftar panjang halaman yang akan diindeks. Apakah Anda berhasil mendapatkan hasil dengan mengikuti rekomendasi kami? Dan jangan lupa untuk mengikuti saya di Facebook untuk panduan, tips, dan sumber daya kesehatan tutorial dll yang lebih mendalam.

1 komentar untuk "8 Cara Ini Sangat Diperlukan Agar Blog Cepat Terindex"

  1. I am really enjoying reading your well written articles. It looks like you spend a lot of effort and time on your blog. I have bookmarked it and I am looking forward to reading new articles. Keep up the good work. internet speed test

    BalasHapus