Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Root di hp android ,Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Mengapa Anda Harus (Atau Tidak) Melakukan Root pada Perangkat Android Anda



Di bawah semua lapisan UI, Android masih Linux. Jadi, sejak awal, para pengotak-atik dan pengguna listrik tertarik untuk mendapatkan akses root untuk membuat perubahan dan mencangkok fitur baru. Dalam beberapa tahun pertama keberadaan Android, ini adalah prosedur yang cukup sederhana di sebagian besar perangkat. 

Ada beberapa aplikasi dan alat yang dapat melakukan root pada hampir semua ponsel atau tablet Android, dan Anda akan siap untuk benar-benar menguasai perangkat Anda hanya dalam beberapa menit. Saat Android menjadi lebih mampu, daya tarik rooting telah berkurang - ini juga jauh lebih sulit dan datang dengan lebih banyak kekurangan.

Keuntungan dari rooting

Mendapatkan akses root di Android mirip dengan menjalankan Windows sebagai administrator. Anda memiliki akses penuh ke direktori sistem dan dapat mengubah cara OS beroperasi. Sebagai bagian dari rooting, Anda menginstal klien manajemen seperti Magisk - SuperSU dulunya adalah opsi teratas tetapi telah rusak. Alat-alat ini pada dasarnya adalah penjaga gerbang akses root di ponsel Anda. Saat aplikasi meminta root, Anda harus menyetujuinya menggunakan manajer root.

Dalam kasus Magisk, Anda juga dapat menggunakan klien untuk membuat perubahan lain pada telepon melalui berbagai modul yang dikembangkan komunitas. Katakanlah Anda tidak menyukai tema sistem pada ponsel Anda. Dengan root, Anda bisa mengubahnya. 

Anda juga dapat mencadangkan data aplikasi secara manual sehingga Anda tidak akan pernah kehilangannya lagi. Ingin mengubah cara kerja CPU perangkat Anda atau karakteristik CPU? Itu juga bisa dilakukan dengan root.

Jika Anda pernah melihat ponsel dan berpikir, "Saya harap saya dapat melakukan [beberapa hal yang sangat spesifik]", rooting mungkin dapat mewujudkannya. Alat modern seperti Magisk juga merupakan pengelola root "tanpa sistem". Itu berarti perubahan disimpan di partisi boot daripada mengubah sistem. Hal itu mempermudah untuk kembali ke sistem yang tidak di-root (atau membuat aplikasi mengira Anda tidak di-root) daripada sebelumnya.

Risiko Rooting

Melakukan root pada ponsel atau tablet memberi Anda kendali penuh atas sistem, dan daya tersebut dapat disalahgunakan jika Anda tidak berhati-hati. Android dirancang sedemikian rupa sehingga sulit untuk memecahkan masalah dengan profil pengguna yang terbatas. 

Seorang superuser, bagaimanapun, dapat benar-benar mengotori sesuatu dengan menginstal aplikasi yang salah atau membuat perubahan pada file sistem. Model keamanan Android juga terganggu saat Anda memiliki root. Beberapa malware secara khusus mencari akses root, yang memungkinkannya benar-benar mengamuk.

Karena alasan ini, sebagian besar ponsel Android tidak dirancang untuk di-root. Bahkan ada API yang disebut SafetyNet yang dapat digunakan aplikasi untuk memastikan perangkat tidak dirusak atau disusupi oleh peretas. 

Aplikasi perbankan, Google Pay, dan lainnya yang menangani data sensitif akan melakukan pemeriksaan ini dan menolak untuk berjalan di perangkat yang di-rooting. Magisk mendukung penyembunyian root, tetapi itu tidak selalu berhasil. Ini adalah permainan kucing dan tikus tanpa henti dengan Google. Jika kehilangan akses ke aplikasi keamanan tinggi adalah masalah besar, Anda mungkin tidak ingin dipusingkan dengan rooting.

Metode root terkadang berantakan dan berbahaya dengan sendirinya. Anda mungkin merusak perangkat Anda hanya dengan mencoba melakukan root, dan Anda mungkin (secara teknis) membatalkan garansi karena melakukannya. 

Rooting juga mempersulit (atau tidak mungkin) untuk menginstal pembaruan resmi, dan ROM seperti Lineage bisa jadi sulit untuk diinstal. Jika memiliki akses root sangat penting bagi Anda, Anda mungkin akan menunggu perangkat lunak buggy yang lebih lama saat Anda meminta metode root baru atau pembaruan OS yang dimodifikasi.

Haruskah Anda Melakukannya?

Jika Anda telah menggunakan Android untuk beberapa lama, Anda mungkin menyadari bahwa mendapatkan akses root pada sebagian besar perangkat jauh lebih sulit daripada sebelumnya. Ada eksploitasi bertahun-tahun yang lalu yang dapat me-root hampir semua perangkat Android dalam beberapa menit, tetapi itu jauh lebih jarang sekarang. 

Eksploitasi universal terakhir yang pada dasarnya adalah Towelroot pada pertengahan 2014, tetapi Google menambalnya dengan cukup cepat. Google memperbaiki kekurangan ini dengan cepat akhir-akhir ini karena memiliki eksploitasi aktif dalam sistem adalah hal yang sangat buruk bagi sebagian besar pengguna. 

Ini adalah celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh malware untuk mengambil alih perangkat dan mencuri data. Ada pembaruan keamanan bulanan untuk menambal lubang ini, tetapi pada ponsel yang di-rooting, 

Anda bertanggung jawab atas keamanan. Jika Anda akan melakukan root, Anda harus menerima bahwa perangkat Anda akan memerlukan perhatian lebih sering, dan Anda harus berhati-hati dengan apa yang Anda instal. Jaring pengaman keamanan yang ditawarkan oleh Google dan pembuat perangkat tidak akan ada untuk menyelamatkan Anda.

Jika Anda tidak terbiasa dengan alat Android dan cara memperbaiki masalah dengan baris perintah, Anda mungkin tidak perlu mendalami rooting ponsel Anda. Root bisa sangat menyenangkan untuk dimainkan, tetapi juga dapat menyebabkan banyak frustrasi saat Anda mencoba memperbaiki kesalahan yang disebabkan oleh modding yang terlalu bersemangat. Jika Anda membeli ponsel dengan tujuan mengutak-atik, tentu saja, jadi gila.

Ketika ada yang salah (dan itu akan terjadi pada suatu saat), itu semua terserah Anda untuk memperbaikinya. Anda mungkin dibiarkan menjelajahi posting forum lama dan meminta bantuan di ruang obrolan untuk memperbaiki telepon Anda. Anda harus bersedia mengatasi beberapa masalah yang menjengkelkan jika Anda ingin menjalani gaya hidup yang mengakar.

Anda juga harus melihat apa yang Anda dapatkan; Android dalam keadaan tidak dimodifikasi jauh lebih baik daripada sebelumnya. Satu dekade yang lalu, orang-orang melakukan root pada ponsel untuk mendapatkan fitur seperti overclocking, mengelola izin, dan mengambil tangkapan layar. Android bisa dimodifikasi untuk semua itu sekarang. Kebanyakan orang tidak lagi memiliki alasan yang kuat untuk melakukan root pada ponsel.

Posting Komentar untuk "Pengertian Root di hp android ,Ini Kelebihan dan Kekurangannya"